Kita sudah terpengaruh perkembangan zaman. Kita ingin apapun serba instan karena kita sudah terbiasa ketika tidak suka dengan sesuatu dengan mudahnya slide atas bawah atau swipe left / right untuk mencari jodoh. Sebaiknya Halal bi Halal yang diadakan oleh orang – orang tua yang memiliki masa indah mereka sendiri, tidak dipaksakan pada generasi kami untuk mengikuti acara mereka.

Formalitas yang dilakukan setiap lebaran adalah mengadakan halal bi halal keluarga besar dan orang tua kita seringkali mengajak kita kesana, yang pada acara itu kita 90% tidak mengenal siapa saja yang ada disana, kita merasa tidak berkepentingan mengenal mereka, dan tidak perlu juga meminta maaf karena memang tidak mengenal satu sama lain. Menurut saya, ada yang perlu diperbaiki disini.

Dalam setiap lebaran kita hanya perlu mengunjungi orang yang kita kenal untuk membahas sesuatu yang kita berdua terlibat didalamnya. Membuat suatu rencana kedepan ataupun sekedar bertukar lelucon.

Kegagalan orangtua dalam memperkenalkan setiap anggota keluarga besar kepada kita membuat setiap acara halal bi halal menjadi membosankan dan kita merasa tidak seharusnya berada disini, ada atau tidaknya kita di tempat ini tidak ada pengaruh samasekali. Ini semua karena bagi kami, setiap acara yang diadakan hanya sebatas formalitas.

Sudah saatnya orang – orang tua menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab untuk mereka yang lebih muda. Lebih mengenalkan lagi setiap anggota keluarga besar dari generasi selanjutnya kepada kami untuk bertukar akun Linkedin, Instagram atau kepentingan lain yang relate dengan generasi kami. Mungkin sebagian dari kami introvert, tapi bukan berarti kami antisosial, bicaralah kepada kami, karena kami sangat sulit mencari kosa kata yang tepat untuk memulai.

Libatkan kami dalam setiap masalah, karena kami merasa berhak untuk kalian manfaatkan untuk diajak berdiskusi dan diberi tanggung jawab untuk mengambil suatu keputusan. Halal bi halal dari keluarga besar dari sebuah clan keluarga harus tetap dilaksanakan setiap lebaran, tapi kontennya yang harus dirubah termasuk orang – orang yang vokal disana yang pegang kemudi sudah seharusnya digilir, karena ini adalah masa dari kami, generasi Z.