Mungkin teman – teman pernah dengar saya di openmic, ngomong gini :

“Saya adalah designer di Standup Comedy Malang, saya buat website, buat poster di setiap event Stand Up Malang. Tapi tidak dibayar, emang dasar komunitas KON**L”

Wait, tentu saja dong saya tidak benar benar benci pada komunitas ini.

Saya ingat dulu ketika saya baru lulus SMA, nggak tau mau kuliah belajar apa dan dimana, dulu saya milihnya IT, fisika, arsitek, biologi. Ternyata saya masuk yang IT. Smester satu dan dua saya masih nggak tau ini belajar apa, pas SMA saya tinggal di pesantren, nggak pernah pegang computer sama sekali. Mungkin waktu itu saya kalo ditanya orang. “IT itu apa?” saya akan jawab “yang online – online itu” :D.

Banyak guru yang memotivasi saya, nilai itu nggak penting yang penting kemampuan yang sebenarnya dari orang itu sendiri. Tapi sayangnya waktu itu telinga saya cuman bisa mendengarkan sampai “nilai itu nggak penting”, hasilnya saya kuliah ogah – ogahan. Mahasiswa kupu – kupu tanpa skill tanpa pacar, menjijikkan sekali pokoknya.

Sampai di smester 3 saya putuskan gabung Stand Up Comedy Malang. Setelah agak lama di komunitas beberapa anggota sudah mulai regenerasi termasuk para designer terdahulunya, akhirnya saya yang waktu itu merasa bisa, mulai ambil alih tugas itu. Awalnya saya merasa agak malas, belajar serius mendesign untuk komunitas, membuang waktu ber jam – jam yang bisa saya gunakan untuk menulis komedi. Pada akhirnya waktu saya terbuang, dan mereka yang terkenal.

Tanpa terasa skill saya mulai naik level dan banyak juga skill baru yang saya pelajari di IT dan design, portofolio juga semakin banyak dan beberapa client mulai menghubungi saya untuk keperluan design. Kalo nggak dipaksa gini, saya nggak akan mau belajar kayaknya, dan sekarang tetep jadi kayak tai. Hingga saat ini saya baru sadar barang – barang yang ada di kamar saya yang mampu saya beli adalah hasil dari Komunitas Stand Up Comedy Malang yang memberikan saya panggung untuk berkarya. Jika comic lain openmic dengan leluconnya, saya rasa inilah openmic saya, design.

Tapi tunggu saja, nanti saya akan openmic dengan jokes lagi 😀